Kemenag Jombang Ingatkan Jemaah Haji untuk Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Panas Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

by -113 Views

Ribuan calon jemaah haji kabupaten Jombang melakukan kegiatan manasik haji terakhir di Alun-Alun Jombang, Sabtu (04/05/2024) pekan lalu. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir, mengimbau calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan sebelum berangkat ke Tanah Suci pada 28 Mei 2024 mendatang.

Muhajir memberikan tiga tips penting bagi calon jemaah haji Jombang untuk menghadapi cuaca panas ekstrem di Tanah Suci. Pertama, membawa payung untuk menghindari heat stroke atau sengatan panas. Kedua, hindari kegiatan di luar rangkaian ibadah haji, terutama di luar ruangan untuk menghindari cuaca panas. Dan ketiga, mencukupi asupan air dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Cuaca di Mekah saat ini rata-rata di atas 40 derajat Celsius, sehingga para jemaah haji perlu waspada agar kesehatannya terjaga di tengah cuaca panas. Selain itu, tubuh akan lebih mudah dehidrasi di cuaca panas, apalagi dengan perbedaan suhu yang jauh antara Indonesia dan Mekah. Oleh karena itu, jemaah haji perlu menjaga kelembaban kulit dan banyak mengonsumsi air mineral minimal 2 liter per hari.

Muhajir juga menyarankan agar calon jemaah haji rutin berolahraga selama 30 menit sebelum berangkat, menghindari kelelahan, dan memastikan nutrisi yang dikonsumsi dengan menghindari makanan dan minuman manis serta asin secara berlebihan. Bagi lansia, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat ke Mekah, terutama jika memiliki riwayat penyakit.

Muhajir juga menekankan pentingnya membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan, menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman, mengenakan alas kaki yang nyaman, istirahat yang cukup, hindari kelelahan, dan konsumsi makanan bergizi dan seimbang. Para calon jemaah haji juga diingatkan untuk hindari stres dan jaga kesehatan mental.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan calon jemaah haji Jombang dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar, sehat, dan meraih predikat sebagai haji mabrur. Jumlah jemaah haji kabupaten Jombang terbagi menjadi empat kloter, dengan total 1169 jemaah yang akan berangkat ke asrama haji tanggal 27 Mei dan menuju tanah suci tanggal 28 Mei 2024.