Bupati H. Hendy Berencana untuk Menggandeng Wartawan dalam Bidang Kehumasan

by -292 Views

Bupati Jember H.Hendy Siswanto akan bekerjasama dengan wartawan terkait kehumasan

Bupati Jember H.Hendy Siswanto akan meminta kepada wartawan yang tergabung dalam PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) untuk bisa mengkongkritkan kerjasama untuk memberikan edukasi tentang kehumasan. Pertanyaan itu disampaikan saat menjadi pemateri dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Diskominfo Jember bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia pada Senin (22/04/2024) di Jember.

“Hari ini kami masih berusaha untuk penetrasi dan menormalisasi kembali birokrasi, kawal kami dan beri koreksi dan saran apa yang harus diperbaiki,” ujar Hendy. Ia juga mengakui bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan perbaikan yang perlu dilakukan di Pemkab Jember sehingga masukan dan kritik dari wartawan sangat diharapkan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengaku mengapresiasi rencana Bupati Jember untuk bekerjasama dengan wartawan terkait kehumasan. Namun, Ninik juga mengingatkan bahwa fungsi media pers dan kehumasan memiliki perbedaan. Meskipun demikian, kedua fungsi tersebut bisa dicoba untuk dikolaborasikan demi tercapainya tujuan daerah dan nasional.

Perlu dicatat bahwa pengelolaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) perlu diperjelas dan diinformasikan kepada masyarakat untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi pemerintah daerah. Dengan adanya kerjasama antara pemerintah dan media, diharapkan Pemkab Jember bisa semakin baik dalam pelayanan kepada masyarakat.