Pemko Medan Gelar Pawai Malam Takbiran dengan 171 Kendaraan Hias yang Meriah

by -94 Views

MEDAN, Waspada.co.id – Memasuki malam 1 Syawal 1445 Hijriah, Pemko Medan mengadakan malam Takbiran dan Pawai Kendaraan Hias di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (9/4/24). Pawai kendaraan hias pada malam takbiran ini dilepas oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Pj Gubernur Sumut Hasanuddin.

Semarak dan kemeriahan kegiatan pawai takbir mulai terlihat saat satu per satu peserta dari perwakilan Kecamatan dan kelurahan di Kota Medan melintasi panggung utama dan menyapa Bobby Nasution bersama Pj Gubernur Sumut serta unsur Forkopimda Sumut dan Forkopimda Kota Medan menggunakan kendaraan hias khas takbiran.

Di sepanjang jalan Pulau Pinang dan Balai Kota, masyarakat berduyun-duyun mengabadikan momen tersebut melalui ponsel yang mereka miliki. Meskipun terjadi kemacetan kendaraan, semangat masyarakat dalam mengumandangkan Takbir menyambut kedatangan 1 Syawal 1445 H tetap tinggi.

Selain di Lapangan Merdeka yang diikuti oleh 15 Kecamatan dan 171 kendaraan hias, Pemko Medan juga menggelar malam takbiran dan pawai kendaraan hias di Lapangan Mabar, Kecamatan Medan Deli yang diikuti oleh 6 Kecamatan dan 47 kendaraan hias. Hadir Pangdam I/BB Mayjen Mochammad Hasan, Kapoldasu Irjen pol Agung Setya Imam Effendi, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, Sekda Wiriya Alrahman, dan segenap Pimpinan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan.

Dalam sambutannya, Bobby Nasution mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, mohon maaf lahir batin. Kami seluruh jajaran Pemko Medan, baik secara pribadi maupun individu, ingin meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kota Medan dan Sumatera Utara.

“Pada malam takbiran 1 Syawal ini, kami berharap agar seluruh masyarakat Kota Medan mendapatkan keberkahan dan rezeki yang dilimpahkan. Kami bersama Pak Wakil Wali Kota Medan dan jajaran Pemko Medan, secara pribadi, memohon maaf di momen Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” kata Bobby Nasution.

Bobby Nasution juga berharap agar dalam menyambut 1 Syawal 1445 H, Kota Medan mendapatkan keberkahan setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan. “Semoga kita dapat mengambil hikmah dari bulan puasa, selain menahan lapar dan haus, tentunya masih banyak makna yang dapat diambil dalam menjalankan ibadah puasa,” jelas Bobby Nasution.

Dijelaskan oleh Bobby Nasution bahwa malam takbiran dan pawai kendaraan hias tersebut diadakan di dua lokasi, yaitu di Lapangan Merdeka (pusat kota) dan di Mabar Kecamatan Medan Deli. “Kami membuat dua lokasi karena kami memahami bahwa tidak semua warga Kota Medan, khususnya Medan Utara, bisa menuju pusat kota. Sehingga, agar semua masyarakat Kota Medan dapat merasakan suasana malam takbiran, kami adakan di dua tempat,” ujar Bobby Nasution.

Selanjutnya, menantu Presiden Jokowi juga meminta doa dan dukungan kepada masyarakat agar tetap bersatu dan saling berkolaborasi untuk menyukseskan pembangunan di Kota Medan.

“Kami juga meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumut dan Unsur Forkopimda, khususnya Polda Sumut, terkait program yang sedang dijalankan oleh Pemko Medan, terutama terkait parkir non-tunai dan jukir yang masih menarik retribusi parkir secara tunai,” tambah Bobby Nasution yang ditemani oleh putri tercintanya.

Pawai Kendaraan Hias dalam malam Takbiran yang dimulai dari Mobil Kecamatan Medan Sunggal berlangsung dari Lapangan Merdeka Medan menuju Jalan Gatot Subroto dan finish di Stadion Teladan Medan. (wol/mrz/d2)

Editor: Rizki Palepi