Meriahnya Takbir Keliling di Banjarnegara dengan Atraksi Abit-abitan Menyambut Idul Fitri 1445 H

by -73 Views

Atraksi abit-abitan atau pawai obor oleh santri PPAI Nur Safi’i kecamatan Purwareja Klampok semakin menambah semarak menyambut hari raya Idul Fitri 2024.

PAI Nur Safi’i, Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2024) malam. Takbir keliling yang diikuti oleh masyarakat se-Kecamatan Purwareja Klampok dan ribuan santri PPAI Nur Safi’i, dimeriahkan oleh “abit-abitan” atau atraksi api menggunakan tongkat bambu.

Gema takbir terdengar dari seluruh penjuru masjid, menciptakan suasana Hari Raya Idul Fitri semakin terasa. Pengasuh pondok pesantren PPAI Nur Safi’i, Kyai Jamaludin, mengatakan kegiatan ini untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1445 hijriah dan untuk menyebarkan Islam.

Tugino, salah satu warga, menyatakan bahwa abit-abitan dilakukan untuk melestarikan budaya yang hampir punah di Kabupaten Banjarnegara. Atraksi ini dilakukan oleh profesional dan aman.

Kapolsek Purwareja Klampok, AKP Partono, memastikan jika takbir keliling di wilayahnya berjalan dengan aman. Bersama TNI/Polri, pengamanan takbir keliling di Kecamatan Purwareja Klampok dilakukan dengan baik.

Berita ini ditulis oleh Iwan Setiawan dan diedit oleh Imam Hairon.