Libur Lebaran di Banyuwangi, Atraksi Budaya yang Memikat Para Wisatawan

by -523 Views

Berbagai atraksi seni budaya akan memeriahkan libur Lebaran di Banyuwangi. Kabupaten ini menawarkan berbagai keindahan alam, budaya, dan kuliner yang menarik bagi para pengunjung.

Banyuwangi telah dikenal dengan destinasi alamnya yang beragam, mulai dari pantai-pantai yang menakjubkan hingga Gunung Ijen yang terkenal dengan blue fire-nya. Selain itu, keelokan seni budaya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Selama seminggu libur Lebaran, beberapa atraksi seni dan budaya akan dihelat di Banyuwangi. Beberapa di antaranya adalah Barong Ider Bumi, Seblang Olehsari, Sendratari Meras Gandrung, dan Puter Kayun.

Ritual Barong Ider Bumi merupakan tradisi tolak bala yang dilakukan oleh Suku Osing di Desa Kemiren setiap tanggal 2 Syawal. Sementara Seblang Olehsari adalah ritual tolak bala yang diwarnai dengan tarian tradisional yang telah berusia ratusan tahun.

Selain itu, Sendratari Meras Gandrung yang akan digelar pada 13 April di Taman Gandrung Terakota juga menjadi salah satu atraksi terkait libur Lebaran di Banyuwangi. Tidak ketinggalan, tradisi Puter Kayun warga Boyolangu juga akan diikuti saat memasuki hari ke sepuluh di Bulan Syawal.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, mengatakan bahwa libur Lebaran adalah momen untuk mendorong perekonomian. Selain itu, diaspora Banyuwangi diundang untuk berkumpul dan bersilaturahmi akbar di Pendopo pada 13 April mendatang.

Selama arus mudik, maskapai penerbangan juga telah menambah jadwal penerbangan ke Banyuwangi. Ada 3 jadwal penerbangan setiap harinya dari Jakarta ke Banyuwangi dan penerbangan dari Surabaya ke Banyuwangi juga tersedia setiap hari.

Dengan berbagai atraksi seni dan budaya yang ditawarkan, Banyuwangi siap menyambut para wisatawan yang ingin menikmati libur Lebaran dengan pengalaman yang berbeda.