Warga Binaan Di Lapas Ngawi Mendapat Kesempatan Bersama Keluarga Menjelang Pembebasan

by -381 Views

Keluarga WBP buka bersama di Lapas Kelas ll B Ngawi. (Foto: Ari Hermawan / Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, NGAWI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas ll B Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mengadakan acara buka bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dalam acara tersebut, WBP juga bertemu dengan keluarga untuk buka bersama.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas), Siswarno mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh agama di Kabupaten Ngawi, termasuk tokoh Muhammadiyah, Hidayatul Risqon.

“Membangun hubungan emosional dengan keluarga agar dapat mengubah perilaku WBP menjadi pribadi yang lebih baik. Ini merupakan tujuan utama negara kita dalam pembinaan para narapidana,” kata Risqon, Jumat (5/4/2024).

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP), Heka Sandiar Putra menjelaskan kepada awak media bahwa program buka bersama WBP dengan keluarganya diadakan secara rutin setiap tahun.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun selama bulan puasa. Dan kami membaginya dua kali, mengingat jumlah narapidana di Ngawi juga banyak,” ungkap Heka.

Dia menambahkan bahwa pihak Lapas tidak membatasi jumlah keluarga yang mengunjungi. “Namun kami tetap membagi jadwalnya, mengingat ada 395 WBP yang ada di Lapas ini,” katanya.

Tidak hanya pada bulan puasa Ramadhan, pada Hari Raya Idul Fitri mendatang, pihaknya juga memberi kesempatan kepada keluarga WBP untuk berkunjung.

“Kami memberikan kesempatan kepada keluarga WBP, di pagi dan sore hari untuk bisa berkunjung menemui WBP, namun kami membatasi durasi waktu,” tambahnya.

Artikel ini ditulis oleh Ari Hermawan, dan diedit oleh Mahrus Sholih.

Lihat berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA