Sejarah Perpindahan Yahudi ke Palestina (Bagian 5) – Waspada Online

by -107 Views

Ekspansi Zionisme dan Gangguan terhadap Perdamaian

Oleh:
H. Mohammad Said (Almarhum)

6. Zionisme dan cara masuk ke Palestina

Sejak awal abad ke-18, telah banyak sastrawan dan pengarang Yahudi yang menulis tentang impian mereka untuk memiliki tanah air di Palestina, yang mereka anggap sebagai tanah yang dijanjikan sejak zaman Nabi Musa. Tanpa menyadari kutukan Tuhan, mereka terus berjuang untuk mewujudkan mimpi itu.

Kenangan panjang Yahudi terhadap bukit Zion di Palestina telah menjadi motivasi besar bagi mereka untuk berpindah ke sana. Itulah awal mula munculnya gagasan Zionisme, yang pertama kali diimpikan oleh Moses Ness dalam bukunya “Rome and Jerusalem” pada tahun 1862.

Pada tahun 1897, tokoh-tokoh Yahudi mengadakan Kongres Zionisme pertama di Basel, Swiss, yang diprakarsai oleh Theodor Herzl. Mereka mendeklarasikan kebulatan tekad untuk mendapatkan tanah air Palestina dan membentuk World Zionist Organisation serta institusi-institusi pendukungnya.

Pada Perang Dunia I, Inggris banyak berterima kasih kepada Yahudi atas kontribusi mereka dalam perang. Melalui tekanan Chaim Weizmann, Inggris mengeluarkan Deklarasi Balfour pada tahun 1917, yang mengakui hak orang Yahudi untuk memiliki tanah air di Palestina tanpa merugikan hak dan status masyarakat bukan-Yahudi di sana.

Pada tahun 1920, Konferensi San Remo menguatkan Deklarasi Balfour, bahkan Turki juga turut menyetujuinya. Amir Faisal dari Hejaz, yang dipengaruhi Inggris, juga menyetujui kembalinya orang Yahudi ke Palestina dengan syarat hak warga Arab tetap terlindungi.

Pada tahun 1922, Kongres Amerika Serikat dan Liga Bangsa-Bangsa menetapkan keputusan yang mendukung pemukiman Yahudi di Palestina dengan tetap memperhatikan hak warga non-Yahudi di sana.

Dengan legitimasi tersebut, Yahudi mulai membanjiri Palestina. Jumlahnya meningkat dari 30.000 pada tahun 1880 menjadi 157.000 pada tahun 1929.

Penulis adalah Tokoh Pers Nasional dan Pendiri Harian Waspada

BACA JUGA

SEJARAH LOLOSNYA YAHUDI KE PALESTINA (Bagian 1)

SEJARAH LOLOSNYA YAHUDI KE PALESTINA (Bagian 2)

SEJARAH LOLOSNYA YAHUDI KE PALESTINA (Bagian 3)

SEJARAH LOLOSNYA YAHUDI KE PALESTINA (Bagian 4)

SEJARAH LOLOSNYA YAHUDI KE PALESTINA (Bagian 5)

SEMS NAKOMELINGEN
(GeBIBBELWERKnesis X : 21 – 31)
Naar de kaart van HENRY LANCE in BUNSENS