Kapolres Ngawi Menyelamatkan Kami Saat Buka Puasa, Momen Tahanan yang Penuh Berkah.

by -92 Views

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono beserta stafnya mengadakan acara buka bersama dengan para tahanan di Polres Ngawi. (Foto: Humas Polres Ngawi untuk Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, NGAWI – Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono beserta pejabat utama Polres Ngawi dan Kasat Tahti Ipda Joko mengadakan acara buka bersama dengan para tahanan di Rutan Polres Ngawi, pada Selasa (26/3/2024).

Momen kegembiraan dan penyesalan tampak jelas dari ekspresi para tahanan ketika Argowiyono memberi kesempatan kepada 28 tahanan untuk berbagi curhatan mereka.

Salah satu tahanan mengungkapkan penyesalannya atas perbuatannya yang melanggar hukum. Akibat perbuatannya, ia harus berada di penjara untuk waktu yang cukup lama.

“Saya menyesal atas tindakan saya, saya telah merugikan orang lain dan menyusahkan keluarga saya di rumah,” kata tahanan yang dihadapkan pada ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara karena perbuatannya.

“Pak Kapolres, bapak telah menyelamatkan kami dari kehidupan yang buruk. Jika kami tidak ditangkap, mungkin saja kami akan terus melakukan kesalahan. Terima kasih Pak Kapolres, saya menyesal,” ungkapnya seperti yang diceritakan oleh Kasi Humas Polres Ngawi, Iptu Dian kepada Suaraindonesia.co.id.

Argowiyono juga menyampaikan bahwa acara buka bersama dengan para tahanan adalah kegiatan penting untuk memberikan tausiyah dan nasehat agar mereka dapat berperilaku lebih baik.

Selain itu, Argowiyono berharap bahwa 28 tahanan yang sedang menjalani proses hukum di pengadilan akan menyadari perbuatannya yang melanggar hukum dan merugikan orang lain.

“Semoga para tahanan ini bertaubat atas perbuatan mereka. Setelah menjalani hukuman dan kembali ke masyarakat, semoga mereka benar-benar bertaubat dan menjalani kehidupan yang lebih baik,” kata Argowiyono.

Argowiyono menjelaskan bahwa dengan adanya perhatian dari Polres Ngawi, para tahanan diharapkan dapat memperkuat moral agama dan menyadari bahwa perbuatan mereka tidak dapat dibenarkan secara agama dan hukum negara.

“Acara buka bersama ini juga merupakan bentuk empati kita kepada para tahanan yang tidak bisa berbuka bersama keluarga. Semoga para tahanan ini dapat memperkuat moral agama, sehingga tidak lagi melakukan perbuatan melawan hukum yang merugikan orang lain,” tutupnya.

Kasi Humas Polres Ngawi, Iptu Dian menambahkan bahwa selain acara buka bersama, para tahanan yang beragama Islam juga diwajibkan untuk melaksanakan salat berjamaah. Mereka disediakan tempat untuk melaksanakan salat berjamaah setiap hari dan pada setiap waktu shalat wajib.

* Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta: Ari Hermawan
Editor: Imam Hairon